Pages

Minggu, 01 November 2009

Cara Merawat Dan Mencuci ZigieZag Diapers

Untuk pencucian pertama kali sebelum dipakai Cucilah popok/diaper/nappy ZigieZaG dan insert-nya. Pencucian pertama kali akan melunturkan lapisan akhir (finishing) pada kain yang menyebabkan bahan kurang menyerap dan kaku, khusus untuk produk baby terry sebaiknya pencucian dilakukan sebanyak 5 kali sedangkan untuk produk mikrofiber cukup dilakukan 1 kali.

Terkadang dengan pencucian berkali-kali tersebut mengakibatkan bahan Cloth Diapers dan Insert menjadi “quilt up” atau berbulu.. hal tersebut wajar terjadi pada cloth diaper & insert.

Untuk memperpanjang umur Cloth Diaper dan insert, ayah bunda dapat melakukan cara mencuci tanpa pengeringan di mesin, atau menggantung sampai kering. Hal ini perlu di lakukan untuk menjaga lapisan waterproof pada cloth diaper.

Jika popok/diaper/nappy kotor (kena pup), pegang popok dengan bagian waterproof di atas. Rentangkan bagian dalam di atas toilet, sebagian besar pup akan jatuh ke dalam toilet.

Lepaskan insert. Masukan popok/diaper/nappy dan insert ke dalam tempat cucian kering

Cuci seperti biasa dalam mesin cuci. Gunakan hanya setengah takaran sabun cuci dari yang dianjurkan, jika memakai sabun cuci biasa.
Jemur atau angin-anginkan hingga kering, atau keringkan dengan mesin pengering (Low Heat!). Tahukan Mommy, matahari secara alami dapat menghilangkan noda. Selain itu membuat popok/diaper/nappy lebih tahan lama.

Setelah kering, siapkan kembali ZigieZaG dengan mengatur ukuran dan memasukan insert agar selalu siap digunakan



Cara mencuci Cloth Diapers kotor :

Isi mesin cuci dengan air biasa dan tuang ½ cangkir baking soda. Biarkan pencucian selama 1 atau 2 mnt kemudian matikan mesin cuci lalu biarkan cloth diaper dalam beberapa jam atau semalaman. Baking Soda adalah bahan yang dapat di pergunakan untuk menetralkan Urine pada Cloth Diapers. Cara ini sangat baik untuk menjaga cloth diapers buah hati ayah bunda tetap bersih dan tidak berbau.

Ayahbunda dapat mempergunakan ½ cangkir baking soda untuk tahap mencuci dan mempergunakan beberapa tetes cuka untuk tahap pembilasan
Detergent yang dapat di pergunakan untuk mencuci cloth diaper adalah detergent tanpa pengharum, pelembut serta pemutih

Hindari pemakaian sabon colek, karena cloth diaper tidak cocok dengan jenis sabun colek, sabun colek dapat merusak serat dan memperpendek usia pemakaian cloth diaper
Menghilangkan bau dari Cloth Diaper.
Ayahbunda dapat menggunakan Baking soda untuk mencuci cloth diaper. Jika Ayah bunda menggunakan baking soda dalam pencucian maka jangan lupa menggunakan beberapa tetes cuka pada saat pembilasan, hal ini dilakukan untuk menjaga pH cloth diaper

Cara menyimpan cloth diapers kotor sebelum di cuci.

Cara yang direkomendasikan untuk menyimpan cloth diaper kotor adalah pada ember kering tertutup. Bilas lah cloth diaper yang terkena pee atau poop buah hati anda mempergunakan jet washer atau di semprot air bersih sebelum di tempatkan pada ember kering.

TIPS
Pengeringan juga bisa dilakukan dengan menggantungnya dekat outdoor AC. Ini sangat membantu saat musim hujan tiba
Untuk menjaga ZigieZaG Diaper/Nappy awet dan tahan lebih lama
ZigieZaG Diapers terbuat dari bahan yang cepat kering, jangan diperas (spin) terlalu kuat/terlalu lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar